Setiap perusahaan adalah kumpulan para individu, satuan unit kerja atau sering disebut departemen atau kelompok lainnya yang lebih besar yaitu unit bisnis. Sehingga, komunikasi yang dilakukan sebagai individu atau mewakili kelompok kerja, sangat memperngaruhi kesuksesan perusahaan tersebut. Komunikasi ini sering menjadikan suatu konflik karena, perbedaan karakter, seperti : intonasi suara yang berbeda-beda antara individu dari jawa dan sumatra.
Kedua, cara berkomunikasi yang buruk. Pada beberapa waktu yang lalu, saya melihat komunikasi yang buruk pada karyawan dalam departemen yang berbeda, disuatu perusahaan jasa printing. Tidak jelasnya komunikasi antar individu,pada bagian desain dan penerima order, mengakibatkan perusahaan harus mencetak dua kali dalam order yang sama, kerugian dari segi bahan dan waktu. Ketiga, dari segi kompetensi individu, perbedaan kompetensi antar satu individu dengan yang lain, sehingga jarak antara satu dengan yang lain
berbeda. Satu individu dengan kompetensi, sudah mengetahui melakukan suatu pekerjaan yang benar, sedangkan yang lainnya masih belum mengetahuinya.
Keempat, kurang ada rasa persaudaraan. Dimana perbedaan antara karyawan lama dan baru, antara senior dan junior, mengakibatkan rasa persaudaraan dirasakan sangat kurang. Sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan dengan mengajak bicara pada saat istirahat atau pulang kerja, menjadikan obrolan yang bisa membuat kedekatan antara satu dengan yang lainnya.
Kelima, Sistem organisasi yang belum berjalan dengan baik, seperti melaksanakan sistem operasional prosedur, yang dijalankan dengan konsisten. Dan Terakhir, masalah pribadi yang dapat menjadi sumber konflik karena ada tidak sukaan atas individu yang satu dengan yang lain. Sehingga selalu memiliki presepsi yang negatif terhadap orang tersebut.
Dampak komunikasi yang tidak efektif, mengakibatkan :
1.Terjadi kesalahpahaman Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa dampak kesalahan dalam berkomunikasi dapat menimbulkan kesalahpahaman.
Kesalahpahaman yang terjadi ini mengakibatkan beberapa dampak negatif yang timbul.
Memang pada dasarnya masing-masing individu tidak mudah untuk memiliki pandangan atau presepsi yang sama, pasti seseorang pernah mengalami perbedaan pandangan terkait kalimat yang diucapkan oleh seseorang.
Hal tersebut memang wajar, akan tetapi tidak lantas anda sebagai pelaku bisnis menganggap kesalahpahaman ini adalah hal yang biasa. Sebagai pelaku bisnis harus memastikan pesan atau informasi yang diberikan tersampaikan dengan baik dan tepat, sehingga hal itu akan meminimalisir terjadinya kesalahpahaman akibat kesalahan dalam berkomunikasi
2. Kinerja tidak maksimal
Pada dasarnya kinerja yang tidak maksimal ini juga terkait dengan terjadinya kesalahpahaman. Ketika seseorang mengalami kesalahpahaman maka ia bisa saja mengerjakan atau berfikiran yang salah tentang informasi yang diterimanya. Sehingga akan menimbulkan ketidaksesuaikan antara informasi dengan kinerja bisnis yang dijalankan. Kinerja yang tidak maksimal
sebenarnya bukan hanya disebabkan oleh dampak kesalahan dalam berbisnis saja.
Ada beberapa faktor seperti sumber daya manusia yang menjalankan bisnis tersebut, dan strategi bisnis yang tidak tepat. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan hal lainnya juga.
3. Proses bisnis berantakan
Dengan melakukan kesalahan dalam berkomunikasi pada saat menjalankan bisnis maka akan menimbulkan dampak buruk, dimana bisnis yang dijalankan akan sulit mengalami perkembangan yang baik.
Mengingat dengan adanya komunikasi yang baik maka akan mampu memberikan solusi jika bisnis yang dijalankan menemui masalah ataupun membahas terkait rencana-rencana yang akan dilakukan untuk bisnis kedepannya. Sehingga proses bisnis yang dijalani akan lebih meningkat, dan dapat dikembangkan secara lebih efisien.
Sebaliknya jika terjadi kesalahan dalam berkomunikasi maka akan mengakibatkan proses bisnis yang tidak optimal mengingat proses-proses bisnis yang direncanakan mengalami perbedaan informasi atau kesalahan informasi.
4. Pemasaran dan pelayanan menurun
Berkomunikasi dalam bisnis tidak hanya berkaitan dengan rekan kerja tetapi juga dengan konsumen. Dimana sudah menjadi suatu keharusan jika pelaku bisnis melakukan komunikasi dengan baik pada saat melakukan pemasaran dan pelayanan.
Dengan begitu diharapkan kegiatan pemasaran dan pelayanan ini dapat mampu dijalankan dengan maksimal supaya meningkatkan angka penjualan dan membuat konsumen lebih tertarik pada produk atau jasa yang ditawarkan.
Sehingga akan memberikan kepuasan konsumen karena mampu memberikan pelayanan terbaik, dan penjelasan terkait produk atau jasa yang ditawarkan. Sedangkan bagi Anda pelaku bisnis dapat meraih angka pendapatan atau penjualan yang signifikan.
5. Kehilangan kepercayaan
Dampak kesalahan berkomunikasi yang satu ini dapat dikatakan sangat fatal. Mengingat ketika seseorang terus melakukan kesalahan komunikasi yang kurang baik akan menimbulkan kesalahpahaman dan dari kesalahpahaman itulah akan sedikit demi sedikit menghilangkan rasa kepercayaan.
Padahal seperti yang kita ketahui dalam menjalankan bisnis perlu adanya sebuah tim untuk melakukan kerjasama. Jika dalam suatu tim terdapat anggota yang tidak saling percaya satu sama lain maka akan menimbulkan kinerja yang tidak efektif dan rasa yang kurang nyaman dalam berbisnis. Dengan kondisi seperti itu, maka kesalahan yang berhubungan dengan komunikasi harus dihindari demi kelangsungan bisnis dalam meraih
kesuksesan. Demikianlah beberapa dampak kesalahan dalam berbisnis yang perlu Anda ketahui supaya nantinya akan lebih sadar dalam memperhatikan cara komunikasi yang baik. Selamat memperbaiiki diri kita masing-masing, dalam berkomunikasi, karena ini dapat mempengaruhi kinerja perusahaan kita.